Cara Berbisnil dai NOL sampai sukses

Assalamualaikum wr.wb

kali ini saya akan membas tentang berbisnis Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis pasti ingin membuatnya sukses. Banyak cerita pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol kemudian berkembang dan sukses membangun bisnis yang besar.

Bagaimana cara mereka membuat bisnisnya bisa sukses? Hal pertama dan terpenting saat memulai usaha adalah dengan membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya.


Hal ini tentu saja memerlukan perencanaan yang baik dan keterampilan organisasi. Memiliki rencana bisnis yang terperinci dan menyeluruh memang sangat penting demi mengembangkan bisnis yang sedang dirintis.

Sebagai pengusaha, Anda pun harus punya gairah untuk tujuan bisnis Anda. Berikut tips membangun bisnis Anda menjadi sukses dan besar dikutip dari Groundreport:

1. Atur diri sendiri

Jika anda bisa mengatur diri Anda pada tahap awal, maka Anda pun akan mendapatkan jalan kemudahan menuju sukses. Organisir diri Anda sendiri, karena ini akan membantu saat menghadapi masalah di tempat kerja.

Sebaiknya biasakanlah membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dan cek daftar yang Anda tulis, periksa apa saja yang sudah Anda kerjakan. Dengan cara ini akan mudah mengelola pekerjaan Anda setiap harinya.

2. Jika mendapat masalah, catat secara rinci

Menyimpan catatan rinci setiap masalah seperti kesalahan saat transaksi, maka akan membantu Anda mengetahui bagaimana kondisi finansial dan apa potensi serta tantangan yang akan dihadapi.

Dari hal ini akan berkembang strategi bisnis yang bisa membantu mengatasi tantangan tersebut dan memberikan arah yang tepat untuk usaha Anda.

3. Perbaiki kesalahan


Saat masalah bisa dihadapi, jadikan itu sebagai pelajaran terbaik. Perbaiki kesalahan yang pernah terjadi. Satu hal lagi, jadilah unik, sebisa mungkin jangan meniru atau ikut-ikutan model bisnis dari orang lain, carilah sesuatu yang sangat berbeda. Karena dengan berbeda dari yang lain, maka Anda pun akan punya gaya sendiri dalam menyelesaikan permasalahan.




#1 Nyaman dalam Mengambil Risiko

Menjadi bos bagi diri Anda sendiri berarti Anda juga yang harus membuat keputusan termasuk pada saat sulit sekali pun. Kewirausahaan melibatkan ketidakpastian. Apakah Anda menghindari ketidakpastian dalam hidup dengan segala cara?

Jika ya, maka kewirausahaan mungkin tidak sesuai untuk Anda. Apakah Anda menikmati sensasi mengambil risiko yang diperhitungkan? Bila ya, berarti Anda siap untuk menjadi entrepreneur.


#2 Independen

Pengusaha harus membuat banyak keputusan sendiri. Jika Anda merasa dapat mempercayai naluri Anda dan Anda tidak takut untuk ditolak, maka Anda bisa menjadi pengusaha.


#3 Persuasif

Anda mungkin memiliki gagasan terbesar di dunia, namun jika Anda tidak dapat meyakinkan pelanggan, karyawan atau calon pemberi pinjaman atau mitra Anda, itu mungkin akan menjadi tantangan Anda dalam menjadi pengusaha. Jika Anda menikmati berbicara di depan umum, melibatkan orang baru dengan mudah dan dapat membuat argumen kuat berdasarkan fakta, kemungkinan Anda siap membuat ide Anda berhasil.


#4 Mampu Bernegosiasi

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda perlu bernegosiasi dalam segala hal, mulai dari sewa hingga persyaratan kontrak dengan tarif. Keterampilan negosiasi yang dipoles akan membantu Anda menghemat uang dan menjaga bisnis Anda berjalan lancar.
5 Kreatif

Apakah Anda bisa memikirkan gagasan baru? Dapatkah Anda membayangkan cara baru untuk memecahkan masalah? Pengusaha harus dapat berpikir kreatif. Jika Anda memiliki wawasan tentang bagaimana memanfaatkan peluang baru, kewirausahaan mungkin sangat sesuai.


#6 Didukung oleh Orang Lain

Sebelum memulai bisnis, penting untuk memiliki sistem pendukung yang kuat. Anda akan dipaksa membuat banyak keputusan penting, terutama di bulan-bulan pertama pembukaan bisnis Anda.

Jika Anda tidak memiliki jaringan (networking) untuk membantu Anda, pertimbangkan untuk menemukan seorang mentor bisnis. Seorang mentor bisnis adalah seseorang yang berpengalaman, sukses dan mau memberikan saran dan bimbingan.


Ibarat rumah, membangun bisnis juga membutuhkan pondasi yang kuat. Tidak hanya soal modal, SDM dan bakat semata. Seorang pengusaha harus mengenali faktor-faktor kritis lainnya dalam membangun bisnis. Ketika Anda memiliki karakter-karakter ini, berarti Anda siap untuk menjadi seorang entrepreneur.


Sekarang tanyakan pada diri Anda 20 pertanyaan ini, untuk membantu memastikan Anda memikirkan detail keuangan dan bisnis yang tepat.

    Mengapa saya memulai bisnis?
    Bisnis apa yang saya inginkan?
    Siapkah pelanggan ideal saya?
    Produk atau layanan apa yang bisnis saya berikan?
    Apakah saya siap meluangkan waktu dan uang yang dibutuhkan agar bisnis saya dimulai?
    Apa yang membedakan ide bisnis saya dan produk atau layanan yang akan saya berikan dari orang lain di pasar?
    Dimana bisnis saya akan berada?
    Berapa banyak karyawan yang saya butuhkan?
    Apa jenis pemasok yang saya butuhkan?
    Berapa banyak uang yang saya butuhkan untuk memulai?
    Apakah saya perlu mendapatkan pinjaman?
    Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum produk atau layanan saya tersedia?
    Berapa lama saya bisa mulai menghasilkan keuntungan?
    Siapakah pesaing saya?
    Bagaimana saya akan hargai produk saya dibandingkan dengan kompetisi saya?
    Bagaimana saya membuat struktur hukum bisnis saya?
    Pajak apa yang harus saya bayar?
    Asuransi apa yang saya butuhkan?
    Bagaimana saya mengelola bisnis saya?
    Bagaimana saya mengiklankan bisnis saya?


Comments

Popular posts from this blog

Cara HACK FB Orang lain Terbaru 100% Berhasil

CARA flash Hp samsung semua tipe